You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Jurit
Desa Jurit

Kec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Jurit Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur NTB VISI : ”Terwujudnya Masyarakat  Desa Jurit  Yang  Adil Dan Sejahtera,  Berbudi Luhur , Berdaya   Serta Berbudaya Sejajar Dengan Desa Lainnya Yang  Lebih  Maju” Agenda Memperingati HAN Dan HUT RI KE-79 | Gerak Jalan 03/08/2024 | Pawai Alegoris 11/08/2024 | Lari Maraton 12/08/2024 | Jalan Sehat 18/08/2024 -

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN DETERGEN DAN SABUN CUCI CAIR

Kontributor 24 Juli 2024 Dibaca 193 Kali
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN DETERGEN DAN SABUN CUCI CAIR

Pemberdayaan perempuan merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai kesetaraan gender dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Salah satu cara yang efektif untuk memberdayakan perempuan adalah melalui kegiatan ekonomi yang dapat meningkatkan keterampilan dan pendapatan mereka. mahasiswa KKP UIN mataram berkolaborasi dengan tim PKK mengadakan pelatihan pembuatan deterjen dan sabun cuci piring di dusun sepolong timur desa jurit kecamatan pringgesela.

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan deterjen dan sabun cuci piring cair :
1. Texapon untuk mengankat lemak dan kotoran atau zat yang memiliki sifat surfaktan
2. Sodium sulfat ( untuk mempercepat pengangkatan lemak) 
3. Air ( sebagai pelarut semua bahan²) 
4. LABS ( untk mengasilkan busa dan mengangkat kotoran) 
5. citrun ( menghilangkan noda membandel) 
6. Pewangi (untuk pemberi aroma ) 
7. Pewarna (untuk pemberi warna)

Itu semua bahan kimia yang aman untuk digunakan, serta tidak berbahaya bagi lingkungan karena bahan tersebut sudah teruju secara ilmiah dan sering digunakan pada praktik di ruang akademik.

Langkah-langkah pembuatan deterjen dan sabun cuci piring cair :
1. Dimasukkan texapon kedalam wadah kemudian ditambahkan dengan sodium sulfat di aduk hingga homogen, selanjutnya ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai homogen dan mengental (penambahan air dilakukan sambil diiringi dengan pengadukan) 
2. Ditambahkan LABS diaduk hingga homogen dan di tambahkan air sedikit demi sedikit sampai mengencer 
3. Ditambahkan citrun diaduk hingga homogen dan mengental
4. Ditambahkan pewangi dan pewarna secara bersamaan dan di aduk hingga homogen kemudian ditambahkan air sampai semua bahan homogen dan sedikit mengencer. 
5. Ditunggu selama 30 menit sampai semua busa hilang dan sabun berwarna bening

Setelah itu sabun dimasukkan kedalam kemasan secara perlahan, sabun tersebut dapat digunakan pada sehari-hari.

34e02bf3-56b9-48d6-af21-d7e7b63e6e0a 

Pembuatan deterjen dan sabun cuci cair memiliki berbagai manfaat, baik bagi individu maupun masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

  1. Peningkatan Keterampilan: Pelatihan ini memberikan perempuan keterampilan praktis dalam pembuatan produk pembersih yang dapat mereka gunakan di rumah atau untuk dijual.
  2. Peluang Usaha: Dengan keterampilan yang diperoleh, perempuan dapat memulai usaha kecil-kecilan di bidang pembuatan deterjen dan sabun cuci cair. Hal ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi keluarga mereka.
  3. Pengurangan Ketergantungan: Dengan memproduksi sendiri deterjen dan sabun, perempuan dapat mengurangi ketergantungan pada produk komersial yang sering kali lebih mahal.
  4. Kesadaran Lingkungan: Pelatihan ini juga dapat mencakup pembuatan produk ramah lingkungan, yang tidak hanya baik untuk kesehatan pengguna, tetapi juga untuk lingkungan.

Mahasiswa KPP UIN Mataram mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, perempuan dapat lebih meningkatkan kreatifitas diri serta dapat memikirkan peluang usaha yang akan dilakukan kedepannya, agar perempuan tidak terlalu kebergantungan kepada orang lain. hal ini juga dapat mencegah dari pernikahan diusia dini bagi anak-anak remaja yang dimiliki ibu-ibu.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image