You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Jurit
Desa Jurit

Kec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Jurit Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur NTB VISI : ”Terwujudnya Masyarakat  Desa Jurit  Yang  Adil Dan Sejahtera,  Berbudi Luhur , Berdaya   Serta Berbudaya Sejajar Dengan Desa Lainnya Yang  Lebih  Maju” Agenda Memperingati HAN Dan HUT RI KE-79 | Gerak Jalan 03/08/2024 | Pawai Alegoris 11/08/2024 | Lari Maraton 12/08/2024 | Jalan Sehat 18/08/2024 -

KKN PMD Unram Ikut Serta Dalam Penanaman Pohon oleh LPSDM dan Pemerintah Desa

KKN UNRAM 30 Juli 2024 Dibaca 115 Kali
KKN PMD Unram Ikut Serta Dalam Penanaman Pohon oleh LPSDM dan Pemerintah Desa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN PMD) Universitas Mataram (Unram) ikut Serta dalam Penanaman Pohon Bersama Lembaga Pengembang Sumber Daya Mitra (LPSDM) dan Pemerintah Desa Jurit, Kec. Peringgasela, Lombok Timur, NTB.

Kegiatan  penanaman pohon ini dilakukan setelah Pembukaan Hari anak Nasional (HAN) dan  Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang dilakukan di kantor desa jurit.

Sebelum melakukan penanaman pohon dilokasi konservasi terlebih dahulu di buka dengan sambutan Sekretaris Desa Jurit. 

WhatsApp_Image_2024-07-30_at_11-02-50 
 

Sabri, SH selalu Sekertaris Desa Jurit (Sekres Jurit), menyapaikan bahwa kegiatan ini bukan pertama kali dilakukan dan sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir.

"Terkait dengan penanaman bibit yang dilaksanan LPSDM Lombok Timur ini adalah program lanjut dan bukan program baru, program ini sudah dimulai sejak 2 tahun yang lalu.". Ungkapnya.

IMG-20240723-WA0083

Sekdes juga menambah bahwa sejak dimulainya program ini, KKN Unram yang sebelumnya selalu ikut serta dalam kegiatan ini. 

"Dari dulu mahasiswa KKN yang di desa jurit selalu mengikuti program ini dan sekarang adek-adek KKN ikut serta dalam penanaman dan penyulaman". Tambahnya 

WhatsApp_Image_2024-07-30_at_11-02-51 

Zikrullah, LPSDM menyampaikan materi tentang pentingnya menjaga  mata air atau ketersediaan air yang ada sekarang, karena banyak sudah penebangan liar yang merusak sumber mata air. 


"Dengan adanya kegiatan konservasi ini dan pemantauan pohon yang sudah ditanam sebelumnya semoga bisa terus menjaga sumber mata air kita yang ada di jurit ini" Dalam penyampaiannya. 

Zikrullah juga menyampaikan bahkan bahwa kondisi yang kita rasakan sekarang adalah akibatnya dari yang dilakukan oleh pendahulu kita. 

"Kondisi cuaca yang sekarang yang sudah mulai tidak menentu ini efek dari kegiatan yang dilakukan olah para kakek-kakek kita dulu, dan sekarang kita harus berusaha untuk terus menjaga alam supaya anak cucu kita nanti terus bisa menikmati sumber mata air ini." Lanjutnya. 

WhatsApp_Image_2024-07-30_at_11-02-51_(1) 

Adapun tujuan dilakukan konservasi oleh Lembaga Pengembang Sumber Daya Mitra (LPSDM) dan Pemerintah Desa Jurit. Sebagai berikut;
1. Menjamin ketersediaan air bersih: Konservasi mata air bertujuan untuk menjaga ketersediaan air bersih yang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, industri, dan lain-lain.
2. Melestarikan ekosistem: Mata air adalah sumber kehidupan bagi banyak makhluk hidup. Konservasi ini penting untuk menjaga kelangsungan hidup flora dan fauna di sekitar mata air.
3. Mencegah bencana alam: Dengan menjaga mata air, kita bisa mengurangi risiko bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sering terjadi akibat deforestasi dan eksploitasi sumber daya air yang berlebihan.
4. Menjaga keseimbangan air tanah: Konservasi mata air membantu mempertahankan level air tanah, yang penting untuk keberlanjutan sumber daya air di masa depan.
5. Mendukung kesehatan masyarakat: Air bersih dari mata air yang terjaga kebersihannya sangat penting untuk kesehatan masyarakat, mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi.

WhatsApp_Image_2024-07-30_at_11-02-51_(2) 

Kegiatan dilakukan pada hari selasa tanggal 23 Juli 2024, dengan perserta dari pemerintah Desa, Mahasiswa KKN PMD UNRAM dan KKP UIN dengan menanam beberapa jenis pohon yaitu Pohon Beringin, Pohon Alpukat, Pohon Ara Bantek, Pohon minyak kayu putih. 

 

Penulis : Albani

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image